4/10/2017

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262 Manajemen Risiko Beserta Kunci Jawaban

loading...
loading...
Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Manajemen EKMA4262 Manajemen Risiko lengkap dengan kunci jawaban kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) non Pendas yang sekarang ini sedang menempuh pendidikan pada semester 3. Pada postingan kami sebelumnya kami telah berbagai Soal Ujian UT Akuntansi Semester 3, terakhir kami memposting Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4210 Akuntansi Keuangan Menengah I, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian akhir semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawaban dan pembahasan kunci jawabannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak hanya Soal Ujian UT  saja, kami juga memberikan berbagai hal lainnya terkait tugas Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, seperti Contoh Laporan PKP, Contoh Laporan PKM dan lainnya. Kami sadar akan kesulitan Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari semua materi yang ada pada modul, hal ini tentu kita tahu bahwa, kegiatan belajar mengajar atau tutorial di UT sendiri yang hanya dilakukan beberapa kali dalam satu semesternya. Tentunya tidak cukup waktu untuk mempelajari dan memahami semua materi yang ada.

Dengan adanya Soal Ujian UT Akuntansi dan berbagai Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang telah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih dimudahkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Dengan hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari semua materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal seperti ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini karena semua soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.

Soal Ujian UT Akuntansi Semester 3 lainnya:

Tentunya Anda akan sangat dimudahkan dengan adanya soal seperti ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, karena dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabannya. Jadi Anda sangat dimudahkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada akhir artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan langsung pada link downloadnya. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 sampai semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262 Manajemen Risiko

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262 Manajemen Risiko Beserta Kunci Jawaban

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa pada blog Soal UAS UT ini kami tidak hanya berbagi Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga berbagi berbagai soal lainnya untuk jurusan yang berbeda, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Manajemen ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.

Nah berikut ini soal lengkap dari mata kuliah EKMA4262 Manajemen Risiko lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262

1. Risiko dimana kemungkinan kerugian ada, tetapi kemungkinan untung tidak ada disebut risiko….
A. murni
B. spekulatif
C. statis
D. dinamis
Jawab:
Jawaban anda benar, karena risiko murni (pure risk) adalah risiko dimana kemungkinan kerugian ada, tetapi kemungkinan untung tidak ada

2. Debitur tidak bisa membayar cicilan dan bunga hutang, sehingga perusahaan mengalami kerugian, merupakan contoh ilustrasi dari risiko….
A. pasar
B. likuiditas
C. kredit
D. operasional
Jawab:
Jawaban anda benar, karena contoh ilustrasi risiko kredit antara lain: debitur tidak bisa membayar cicilan dan bunga hutang, sehingga perusahaan mengalami kerugian

3. Berikut merupakan komponen pada Enterprise Risk Management (ERM), kecuali….
A. penentuan tujuan
B. lingkungan internal
C. strategi promosi
D. identifikasi kejadian
Jawab:
Jawaban anda benar, karena strategi promosi bukan merupakan komponen dari Enterprise Risk Management (ERM), melainkan aspek strategis yang harus dimiliki oleh manajer yang akan meluncurkan program promosi/iklan

4. Perubahan perundangan, perubahan peraturan, konflik antar Negara yang mendorong boikot produk perusahaan merupakan contoh risiko dari sumber lingkungan….
A. fisik
B. sosial
C. politik
D. legal
Jawab:
Jawaban anda benar, karena contoh risiko dari sumber lingkungan politik adalah: perubahan perundangan, perubahan peraturan, konflik kebijakan antar Negara yang mendorong boikot produk perusahaan

5. Berikut ini contoh prasarana keras dalam Enterprise Risk Management (ERM)….
A. budaya risiko
B. komputer
C. workshop
D. penilaian kinerja
Jawab:
Jawaban anda benar, karena komputer merupakan contoh dari prasarana keras dalam Enterprise Risk Management (ERM)

6. Risiko perubahan tingkat bunga dapat diukur dengan menggunakan….
A. metode pengukuran jangka waktu
B. credit rating
C. matriks frekuensi
D. stress testing
Jawab:
Jawaban anda benar, karena metode pengukuran jangka waktu dapat diukur menggunakan metode pengukuran jangka waktu

7. Berdasarkan tabel kematian CSO tahun 1980 menunjukkan jumlah hidup pada awal tahun 65 adalah 7.329.740, dan jumlah kematian sebesar 186.322, hitunglah probabilitas kematian pada usia 65.
A. 0,02542
B. 0,4542
C. 39,339
D. 58,644
Jawab:
Jawaban anda benar, karena :



8. Suatu keluarga menghabiskan Rp 7.500.000,- per bulan untuk kebutuhan hidupnyA. Kebutuhan tersebut diasumsikan konstan. Misalnya kebutuhan tersebut dipenuhi oleh seorang ayah yang berusia 57 th. Kemudian ayah tersebut meninggal dunia, padahal usia pengharapan adalah 60 th, tingkat bunga yang relevan adalah 13%, hitunglah nilai kebutuhan hidup yang seharusnya ditanggung oleh ayah.
A. Rp5.900.000,-
B. Rp6.600.000,-
C. Rp12.500.000,-
D. Rp17.700.000,-
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



9. Mr. Bakrie mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan yang menghasilkan omset sebesar Rp 185.000.000,- per tahun dengan laba Rp 75.000.000,- per tahun, dengan perkiraan Mr. Bakrie masih bisa bekerja 4 tahun lagi. Biaya modal internal percetakan tersebut adalah 25%. Jika Mr.Bakrie meninggal, diperkirakan omset akan turun menjadi Rp 150.000.000,- per tahun. Hitunglah present value dari kerugian yang diderita oleh percetakan tersebut.
A. Rp82.656.000,-
B. Rp68.320.000,-
C. Rp50.400.000,-
D. Rp28.000.000,-
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



10. Kerugian akibat bangunan yang hancur akibat kebakaran merupakan kerugian yang dialami harta benda yang masuk dalam klasifikasi kerugian….
A. aset fisik
B. elemen waktu
C. langsung
D. tidak langsung
Jawab:
Jawaban anda benar, karena kerugian langsung terjadi jika kejadian buruk mempunyai dampak langsung terhadap properti

11. Berikut contoh dari pelanggaran kewajiban absolute, kecuali….
A. memelihara binatang buas
B. memproduksi bahan peledak
C. kegiatan yang mengakibatkan ledakan yang melukai orang
D. pelanggaran hak cipta
Jawab:
Jawaban anda benar, karena pelanggaran hak cipta bukan merupakan contoh dari pelanggaran absolute melainkan contoh dari pelanggaran hukum yang disengaja

12. Dari data diatas, hitunglah deviasi standar dari asset A.



A. 0,45%
B. 0,58%
C. 0,67%
D. 0,79%
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



13. Jika VAR dari saham A adalah 74,2 dan VAR dari saham B adalah 63,8 serta korelasi return saham A dengan saham B adalah 0,098. Hitunglah VAR portofolio dari kedua saham tersebut dengan menggunakan metode historis.
A. 102,396
B. 97,475
C. 88,834
D. 47,794
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



14. Dari data pada tabel, hitunglah standar deviasi dengan menggunakan metode modeling.
A. 13,3%
B. 14,6%
C. 16,7%
D. 17,4%
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



15. Individu yang diundang ke lokasi properti untuk tujuan mereka dan tujuan pemilik disebut….
A. invitee
B. licensees
C. trespassers
D. negligence
Jawab:
Jawaban anda benar, karena invitee adalah individu yang diundang ke lokasi peoperti untuk tujuan mereka dan tujuan pemilik

16. Istilah untuk proses pengecekan apakah model yang kita gunakan sudah sesuai dengan realitas yang ada disebut….
A. stress-testing
B. back-testing
C. VAR metode modeling
D. VAR metode historis
Jawab:
Jawaban anda benar, karena back-testing adalah istilah untuk proses pengecekan apakah model yang kita gunakan sudah sesuai dengan realitas yang ada

17. Pedoman yang berkaitan dengan hasil yang diperoleh dari penggunaan kredit yang diminta, disebut….
A. return
B. repayment capacity
C. capital
D. collateral
Jawab:
Jawaban anda benar karena return adalah pedoman yang berkaitan dengan hasil yang diperoleh dari penggunaan kredit yang diminta

18. Kemampuan peminjam untuk melunasi kewajiban utangnya, melalui pengelolaan perusahaannya dengan efektif dan efisien, disebut….
A. character
B. capacity
C. capital
D. collateral
Jawab:
Jawaban anda benar, karena capacity adalah kemampuan peminjam untuk melunasi kewajiban utangnya, melalui pengelolaan perusahaannya dengan efektif dan efisien

19. Dari data-data pada tabel, hitunglah fungsi diskriminan yang diestimasikan



A. 5,342
B. 4,997
C. 3,728
D. 2,873
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



20. Langkah-langkah dalam risk retention adalah….
A. pendanaan risiko yang ditahan
B. penghindaran risiko
C. pengendalian risiko
D. pengalihan risiko
Jawab:
Jawaban anda benar karena pendanaan risiko yang ditahan merupakan salah satu langkah dalam risk retention

21. Contoh dari risiko kegagalan proses internal kecuali….
A. kesalahan transaksi
B. pengawasan yang kurang memadai
C. kecelakaan kerja
D. kurang lengkapnya dokumentasi
Jawab:
Jawaban anda benar karena kecelakaan kerja merupakan contoh kegagalan risiko operasional

22. Salah satu teknik untuk mengukur risiko operasional adalah dengan menggunakan….
A. probabilitas terjadinya risiko
B. model skoring kredit
C. analisis scenario
D. creditmetric
Jawab:
Jawaban anda benar, karena probabilitas terjadinya risiko merupakan salah satu teknik mengukur risiko operasional

23. Suatu obligasi mempunyai jangka waktu 5 tahun, nilai nominal dari obligasi tersebut adalah Rp 1.000.000, tingkat bunga 10% dan mempunyai nilai pasar Rp 1.500.000. Hitunglah aset dari nilai obligasi tersebut.
A. Rp. 3.418.401,-
B. Rp. 2.637.000,-
C. Rp. 1.480.183,-
D. Rp. 758.000,-
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



24. Dengan menggunakan kerangka teori opsi, pemegang saham mempunyai pay-off yang mirip dengan….
A. pembeli opsi call
B. penjual opsi call
C. pembeli opsi put
D. penjual opsi put
Jawab:
Jawaban anda benar

25. Dari data-data pada tabel, hitunglah standar deviasi total ketiga aset yang independen tersebut.



A. 188,55
B. 172,20
C. 169,22
D. 149,94
Jawab:
Jawaban anda benar, karena



26. Misalkan kita mempunyai informasi tiga aset sebagai berikut ini. Misalkan kita membentuk portofolio dengan proporsi A, B, dan C masing-masing 35%, 30% dan 35%. Hitunglah risiko portofolio untuk aset yang tidak independen tersebut.



A. 13,2%
B. 11,8%
C. 7,3%
D. 6,8%
Jawab:
Jawaban anda benar karena:



27. Misalkan biaya untuk memproduksi A dan B adalah Rp 525.000,- dan Rp 500.000,-, sedangkan volume produksi untuk A dan B adalah 350.000 dan 300.000. Hitunglah biaya rata-rata (average cost) untuk perusahaan gabungan tersebut.
A. 66%
B. 63%
C. 60%
D. 54%
Jawab:
Jawaban anda benar karena:



28. Prinsip asuransi yang mengatakan bahwa pihak yang mengasuransikan (insured) tidak bisa memperoleh uang pertanggungan lebih dari kerugian yang sebenarnya pada saat terjadi kejadian yang merugikan disebut….
A. principle of indemnity
B. principle of insurable interest
C. principle of subrogation
D. principle of utmost good faith
Jawab:
Jawaban anda benar, karena prinsip tersebut mengatakan bahwa pihak yang mengasuransikan (insured) tidak bisa memperoleh uang pertanggungan lebih dari kerugian yang sebenarnya pada saat terjadi kejadian yang merugikan

29. Wilayah pada kurva biaya rata-rata yang menunjukkan bahwa jika output ditingkatkan, maka biaya rata-rata akan meningkat disebut…
A. decreasing return to scale
B. constant return to scale
C. increasing return to scale
D. economic return to scale
Jawab:
Jawaban anda benar, karena increasing return to scale adalah wilayah pada kurva biaya rata-rata yang menunjukkan bahwa jika output ditingkatkan, maka biaya rata-rata akan meningkat

30. Fungsi yang dilakukan untuk memilih asuransi yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi disebut….
A. produksi
B. penentuan premi
C. underwriting
D. manajemen klaim
Jawab:
Jawaban anda benar karena underwriting adalah fungsi yang dilakukan untuk memilih asuransi yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi

31. Misalkan harga aset =260, harga eksekusi=262, tingkat bunga bebas risiko adalah 5% per tahun, varians return asset adalah 0,0841 (standar deviasi adalah 25% per tahun atau 0,25 per tahun), jangka waktu adalah 0,0959 tahun (1,15 bulan). Berapa tingkat bunga opsi?
A. -0,009
B. -0,039
C. -0,046
D. -0,076
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



32. Terdapat dua perusahaan, PT A dan PT B. PT A mempunyai aset yang memberikan tingkat keuntungan yang tetap yaitu 12%. Tetapi PT A menggunakan sumber dana yang bersifat variable, yaitu LIBOR+3%. PT B mempunyai aset yang memberikan tingkat bunga variable, yaitu LIBOR+5%, sementara menggunakan sumber dana yang mempunyai bunga tetap, yaitu 15%. Misal LIBOR meningkat menjadi 17%, berapa spread yang diperoleh PT A dan PT B?
A. 3% dan 5%
B. -2% dan 3%
C. 2% dan 7%
D. 9% dan 10%
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:
PT A = 17% - (12% + 3%) = 2%
PT B = (17% + 5%) – 15% = 7%

33. Misalkan perusahaan menjual beras dalam karung. Jika proses berjalan sebagaimana mestinya, berat karung tersebut adalah 15 kg, standar deviasinya adalah 0,15 kg. Diasumsikan juga bahwa berat pengisian beras tersebut berdistribusi normal dan telah dilakukan inspeksi 10 kali. Berapakah upper control limit dan lower upper limit dari pengisian beras tersebut.
A. 20,55 dan 19,88
B. 18,63 dan 17,68
C. 15,14 dan 14,86
D. 10,95 dan 9,05
Jawab:
Jawaban anda benar, karena:



Batas atas dan batas bawah biasanya ditentukan dengan tiga standar deviasi dari rata-rata (mencakup sekitar 99,7%) dari total wilayah. Dengan demikian batas atas dan batas bawah untuk pengisian beras tersebut adalah:
Batas atas (UCL = upper control limit) = 15 + 3 (0,047) = 15,14%
Batas bawah (LCL = lower control limit) = 15 – 3 (0,047) = 14,86%

34. Pemberian dan pelayanan pinjaman otomotif dan leasing, kredit mahasiswa dan produk investasi merupakan deskripsi dari segmen….
A. middle market
B. diversified consumer services
C. regional consumer banking
D. chase home finance
Jawab:
Jawaban anda benar karena pemberian dan pelayanan pinjaman otomotif dan leasing, kredit mahasiswa, produk investasi merupakan deskripsi dari diversified consumer services

35. Suatu perusahaan memproduksi barang dengan diameter 3,5 inci (missal floppy disk). Kemudian penyelia produksi mengambil sampel sebanyak lima disket untuk setiap inspeksi. Dari data-data pada tabel, hitunglah upper control limit dan lower control limit. (diketahui: batas 3,5124, standar deviasi 2,326 dan observasi dilakukan sebanyak 5 kali)



A. 0,727 dan 0,690
B. 0,248 dan 0,784
C. 0,351 dan 0,577
D. 0,482 dan 0,587
Jawab:
Jawaban anda benar karena :


UCL = 0,7080 + 3 (0,006297) = 0,727
LCL = 0,7080 – 3(0,006297) = 0,690

Download Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang telah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah Anda menyimpan dokumen, karena terkadang ada dari Mahasiswa yang kesulitan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas EKMA4262 Manajemen Risiko, silahkan Anda klik link dibahwa ini.


Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat membantu Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester nantinya.

Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262 Manajemen Risiko, semoga soal ini dapat membantu Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca berbagai soal lainnya hanya di blog soal uas ut, dan jangan lupa untuk merekomendasikan blog ini pada teman Anda yang lainnya dan berbagi artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4262 Manajemen Risiko Beserta Kunci Jawaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rani